Kamis, 23 Juni 2016

Bibit Ikan Kerapu 0822 3629 7658: Pembibitan Ikan Kerapu di Situbondo

Jual Bibit Ikan Kerapu Cantang dan Cantik Surabaya

Budidaya ikan air laut sedang dikembangkan di pantai utara Pulau Jawa, tepatnya di kawasan pantai Pasir Putih Situbondo, Jawa Timur. Dengan sistem Keramba Jaring Apung (KJA), sejumlah jenis ikan laut dikembangkan, termasuk ikan kerapu cantik, yang merupakan hasil persilangan ikan kerapu macan dan kerapu batik.

Masyrakarat biasa menyebut kerapu cantik, karena hasil persilangan kerapu macan dan kerapu batik yang disingkat cantik. Nilai jualnya sekarang juga cantik," Selain nilai ekonominya yang beberapa waktu terakhir terus merangkak naik, kerapu cantik juga relatif tahan dari penyakit, dibanding jenis kerapu lainnya. Karena tahan penyakit, biaya pemeliharaannya lebih murah dan potensi gagal panennya rendah. 

Mengembangkan ikan kerapu cantik jelas pilihan tepat, dibanding memelihara jenis kerapu lainnya seperti kerapu macan, tikus, kertang dan batik.

Meskipun dibanding jenis kerapu lainnya, masa memelihara kerapu cantik relatif lebih lama, yaitu sampai 8 bulan. "Kerapu cantik bisa 8 bulan, kalau kerapu lainnya rata-rata hanya 5 bulan.

Kerapu cantik saat ini menjadi favorit pembudidaya keramba jaring apung di Situbondo. Hampir 90 persen pembudidaya beralih mengembangkan kerapu cantik.

Nilai jual meningkat

Harga jual mengalami kenaikan semenjak beberapa terakhir setelah sebelumnya. Faktor permintaan pasar lebih mendominasi naiknya harga jual kerapu cantik ini.

Pembeli hasil budidaya kerapu cantik juga sudah siap memborong ikan tersebut kapan saja dibutuhkan. Mereka berasal dari berbagai daerah, seperti Surabaya, Bali, dan Jakarta. Kebanyakan pembeli kerapu cantik, adalah pengepul dari Bali. Dari sana, ikan dikumpulkan untuk dijual lagi kepada pembeli luar negeri melalui kapal ikan, seperti dari Hongkong, China, dan Australia

Budidaya kerapu cantik melalui keranjang jaring apung, diperkenalkan kepada warga pesisir Situbondo sejak 2010, oleh Unit Pengelola Teknis Pengembangan Budidaya Laut (UPT PBL) Situbondo. Upaya pengembangan budidaya dilakukan karena sebelumnya, ikan kerapu lebih banyak diperoleh dari hasil tangkap dengan menggunakan bahan peledak atau racun, sehingga mengancam populasi ikan kerapu.

Selain mengedukasi nelayan tentang bahaya dari cara menangkap ikan kerapu yang sebelumnya mereka gunakan, UPT BBL Situbondo juga menawarkan solusi bisnis budidaya ikan Kerapu, agar mereka tetap memiliki penghasilan dari laut. 

Budidaya ikan kerapu secara umum, juga sebagai upaya memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat dari tahun ke tahun, baik untuk pasar domestik maupun ekspor. Untuk memenuhi permintaan pasar tersebut, tidak bisa hanya mengandalkan hasil tangkap, karena populasinya semakin berkurang. 

Kerapu atau grouper adalah jenis ikan laut dari family Serranidae, dengan sub family Ephinephelinae. Jenis ini memiliki 159 spesies di seluruh dunia. Di perairan Asia Tenggara terdapat 46 jenis kerapu, dan di perairan Indonesia 39 jenis. Ikan kerapu memiliki habitat di dasar perairan laut tropis dan subtropis. 

Sebagian besar spesies berasosiasi dengan terumbu karang di daerah dangkal, dan beberapa tinggal di kawasan estuaria dan berbatu, berpasir dan berlumut. Beberapa spesies ditemukan pada kedalaman 100-200 meter, kadang hingga 500 meter, namun pada umumnya memiliki habitat pada kedalaman 100 meter. Ikan kerapu adalah hewan predator, mangsanya favoritnya adalah ikan sotong, cumi, dan jenis crustacea lainnya.

Menuju Kota Kerapu

Tren budidaya ikan kerapu dan potensi ekonominya, ditangkap oleh Pemkab Situbondo sebagai titik awal menuju status Kota Kerapu. Bisnis budidaya ini pun dikembangkan di sepanjang kawasan pesisir di utara kabupaten itu sejak lima tahun terakhir. 

Setidaknya sudah ada tiga kawasan pesisir pantai di Situbondo yang sudah dimanfaatkan sebagai sentra budidaya ikan kerapu dengan sistem KJA. Selain di kawasan pantai Desa Sumber Waru, Kecamatan Banyuputih, budidaya Ikan kerapu juga dikembangkan di kawasan pantai Desa Gundil Kecamatan Kendit dan Desa Karang Tekok, Kecamatan Panarukan. Di ketiga kawasan tersebut ombak relatif tenang karena termasuk daerah teluk.

Di tiga kawasan tersebut, setidaknya terdapat 2.500 kolam KJS berukuran 3x3 meter dengan kedalaman tiga meter yang dimiliki orang pembudidaya. Mereka membudidayakan ikan ini secara mandiri maupun berkelompok. Pembudidaya mandiri adalah pembudidaya dengan skala besar, sementara yang berkelompok adalah skala kecil yang masih dibina pemerintah daerah.  

Potensi ekspor

Produksi ikan kerapu di Provinsi Jawa Timur menurut data yang dihimpun dari Dinas Perikanan Dan Kelautan, baik dari budidaya laut maupun tambak periode 2013-2014 mengalami kenaikan. Pada 2013 produksi ikan kerapu mencapai 561.619 kilogram dan bernilai lebih dari Rp 51 miliar. 

Pada 2014 mengalami kenaikan menjadi 641.179 kilogram dengan nilai mencapai lebih dari Rp 60 miliar. Sementara hingga triwulan kedua 2015, produksi ikan kerapu Jawa Timur sudah mencapai 383.090 kilogram senilai Rp 37 miliar lebih. 

Data yang dihimpun dari berbagai sumber, pada 2013 total produksi ikan kerapu nasional mencapai 113.368 ton yang terdiri dari hasil budidaya sebesar 13.464 ton dan hasil tangkapan sebesar 99.904 ton. Badan Pusat Statistik pada 2013 juga mencatat, ekspor kerapu hidup mencapai nilai 19,8 juta dolar AS dengan volume 2.552 ton. Negara tujuan ekspor utama ikan kerapu hidup adalah Hongkong yang mencapai hampir 90 persen dari nilai total ekspor.

Ekspor ikan kerapu hidup ke Hongkong selama ini dilakukan melalui dua moda transportasi, yaitu sarana angkutan udara dan kapal laut. Kapal pengangkut ke Hongkong yang selama ini beroperasi di Indonesia 100 persen adalah milik pembeli Hongkong.

Benih yang akan dikirim akan diberi perlakuan khusus sesuai dengan jarak tempuh kota yang dituju.

Jual BIbit Ikan Kerapu Cantik dan Cantang untuk seluruh Indonesia. Pemesanan 1 ekor =  3cm, untuk diatas 3 cm dihitung per cm. Minimal pemesanan 20 ribe FREE ONGKIR untuk area Jawa Timur.

Info lengkap Hubungi kami di 
0822 3629 7658

Atau Anda bisa datang langsung ke tempat kami, untuk info lebih detailnya di

Mall City Of Tomorrow
Lantai 1, FS – 59 / 02
Jl. Ahmad Yani No. 288
Surabaya

Related Posts

Bibit Ikan Kerapu 0822 3629 7658: Pembibitan Ikan Kerapu di Situbondo
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.