Rabu, 05 April 2017

Ikan Kerapu Salah Satu Komoditas Utama Ekspor Ikan Indonesia - Mulia Kerapu


Ikan kerapu menjadi salah satu komoditas utama ekspor ikan Indonesia. Ikan kerapu diperdagangkan dalam kondisi hidup dan mati (segar dan beku). Dalam artikel singkat ini akan dibahas hanya untuk komoditas ikan kerapu hidup, sementara untuk komoditas ikan kerapu segar dan beku akan dibahas dalam artikel yang lain. Data BPS 2017 menunjukan bahwa komoditas ikan kerapu hidup masuk dalam 20 jenis komoditas utama ekspor ikan Indonesia tahun 2016. Kontribusi nilai ekspor komoditas ekspor kerapu hidup tahun 2016 mencapai 1,11 % dari total nilai ekspor komoditas perikanan HS 03. Total nilai ekspor komoditas ikan kerapu hidup tahun 2016 mencapai 32,18 Juta US $.

Berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan 2017 tercatat bahwa pada tahun 2016 lebih dari 54 % ikan kerapu budidaya dihasilkan dari wilayah Pulau Sumatera. Salah satu provinsi penghasil ikan kerapu budidaya terbesar adalah Provinsi Sumatera Utara, yaitu mencapai 4.858,25 Ton atau sekitar 31,05 % dari total produksi budidaya ikan kerapu nasional. Empat wilayah lain yang merupakan penghasil terbesar produksi budidaya ikan kerapu adalah Provinsi Maluku, Kepulauan Riau, Aceh dan Jawa Timur (Lihat Gambar 1).


Gambar 1. Produksi Ikan Kerapu Menurut Provinsi Tahun 2016

Selain itu juga, Provinsi Sumatera Utara merupakan provinsi terbesar yang melakukan ekspor ikan kerapu hidup. Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (2017) mencatat bahwa 38,09 % ekspor ikan kerapu hidup Indonesia tahun 2016 berasal dari provinsi tersebut. Total ekspor kerapu hidup Provinsi Sumatera Utara tahun 2016 mencapai sekitar 1,53 juta ekor. Wilayah lainnya yang merupakan titik ekspor ikan kerapu hidup adalah Provinsi Sulawesi Selatan dan Bali, yang masing-masing mencapai sekitar 0,85 juta ekor (Gambar 2). Berdasarkan Gambar 2 terlihat bahwa total volume ekspor ikan kerapu hidup Indonesia tahun 2016 mencapai sekitar 4,01 juta ekor.


Gambar 2. Volume Ekspor Ikan Kerapu Hidup Menurut Provinsi Tahun 2016

Sementara Ikan kerapu hidup yang diperdagangakan antar provinsi di Indonesia totalnya mencapai 1,01 Juta ekor. Data BKIPM 2017 mencatat bahwa Provinsi Banten merupakan salah satu tujuan utama pengiriman ikan kerapu hidup dari wilayah provinsi lainnya di Indonesia. Pada tahun 2016 tercatat ikan kerapu hidup yang masuk ke wilayah Provinsi Banten mencapai 645,12 ribu ekor. Empat wilayah utama lainnya sebagai pusat tujuan pengiriman ikan kerapu nasional adalah Provinsi Bali, DKI Jakarta, Kepulauan Riau dan Sumatera Utara. Sementara itu provinsi yang menjadi pusat pengiriman ikan kerapu hidup terbesar adalah Provinsi Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Jawa Timur, Lampung dan Bali. 


Gambar 2. Volume Ekspor Ikan Kerapu Hidup Menurut Provinsi Tahun 2016

Berdasarkan hal tersebut diatas terlihat bahwa bisnis budidaya ikan kerapu merupakan salah satu potensi yang cukup potensial dikembangkan di Indonesia. Terlebih saat ini Balai-Balai Perikanan Budidaya Ikan sudah banyak berhasil kembangkan benih-benih ikan kerapu. Artinya benih ikan kerapu tidak lagi tergantung pada benih alam yang ditangkap oleh para nelayan. Oleh sebab itu saatnya kini ekonomi perikanan budidaya ikan kerapu dapat bangkit dengan baik. Berbagai dukungan dan kerjasama yang baik antar para pemangku kepentingan menjadi salah satu titik kunci kebangkitan ekonomi budidaya ikan kerapu nasional. Semoga hal ini dapat segera terwujud guna turut mendorong kekuatan baru ekonomi nasional berbasiskan perikanan. 

Sumber artikel: http://suhana.web.id/2017/03/14/ekonomi-perikanan-budidaya-kerapu/

Anda pembudidaya ikan kerapu? Kami menyediakan benih / bibit ikan kerapu Cantang dan Cantik.. Selain untuk Jawa Timur, kami juga melayani ke berbagai provinsi budidaya kerapu di Indonesia. Antara lain:

  • Sumatera Utara
  • Aceh
  • Kepulauan Riau
  • Maluku Utara
  • Maluku
  • Kalimantan Timur
  • Lampung
  • Bali
  • Dll
Untuk pemesanan 1 ekor =  panjang 3cm, untuk diatas 3 cm dihitung per cm. FREE ONGKIR untuk area Jawa Timur dengan minimal pemesanan 20 ribu ekor.

Info lengkap hubungi kami di 
0822 3629 7658 / 0813 3277 3773

Related Posts

Ikan Kerapu Salah Satu Komoditas Utama Ekspor Ikan Indonesia - Mulia Kerapu
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.